Find Other Article...

Air Terjun Benang Stokel Lombok Utara

Posted by: Maderazzi Updated at : 18.54
Air Terjun Benang Setokel memiliki 2 terjunan air yang berketinggian  separo  30 meter. Air terjun  di sebelah  kiri memiliki debit yang le...
Air Terjun Benang Setokel memiliki 2 terjunan air yang berketinggian separo 30 meter. Air terjun di sebelah kiri memiliki debit yang lebih besar di bandingkan yang kanan. Sementara itu di bawahnya terselip kolam kecil tempat pembendungan unek-unek air yang jatuh dari atas. Kolam ini dapat difungsikan untuk mandi dan berenang. Air terjun ini kaya di ketinggian 552 m dari tekstur laut (dpl) di kawasan Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani.

Photo Oleh DHM

Nama Benang Stokel dalam bahasa setempat berarti segumpal benang. Nama ini diberikan karena bentuk air terjun ini 
mengumpamai benang yang diikat menyatu.

Seluruh 500 meter ke partikel hulu atas dari posisi Air Terjun Benang Stokel tersedia pula air terjun yang bernama Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun ini permulaan spontan dari mata air besar yang menyembul di penghujung gunung. Untuk menuju Air Terjun Benang Kelambu terselip patut melebihi jalan setahap sejauh 1 km (dengan waktu tempuh sejumlah 30 menit) menembusi hutan tropis dengan bawah dan bukit yang terjal.

Legenda Air Terjun Benang Stokel

Mitos yang bertambah di masyarakat semasih ini Mengekspos, Air Terjun Benang Stokel menjadi tempat membereskan diri Batari Anjani - makhluk gaib yang diakui apabila penunggu Gunung Rinjani. Pada waktu-waktu tertentu konon Batari Anjani turun dari gunung selanjutnya mandi dan habis melalap rambutnya di Benang Stokel. Oleh karena itu, banyak masyarakat percaya mereka yang mempunyai masalah dengan rambutnya, seperti Bertekuk lutut, ingin menghitamkan rambut, bakal mandi di Air Terjun Benang Stokel.

Tidak hanya itu dari cerita tersendiri di tukas keelokan Benang Stokel. Konon, trayek Benang Stokel - Gunung Rinjani sering dimanfaatkan oleh orang-orang sakti untuk mencari berkat atau keselamatan dengan menggelar pendakian untuk bertapa ke Gunung Rinjani, yang hingga saat ini, kelaziman tercatat sedang sering dilakukan oleh warga setempat. Koridor pendakian ini kecuali memberatkan waktu tujuh jam saja maka memiliki jarak tempuh yang lebih pendek di bandingkan dengan lewat koridor kawasan Sembalun, Lombok Timur atau Senaru, Lombok Utara.
Ads Google
Title : Air Terjun Benang Stokel Lombok Utara
Description : Keindahan Air terjun benang stokel dan mitos dewi anjani yang sering mandi di Air terjunnya, menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung

0 komentar "Air Terjun Benang Stokel Lombok Utara"